Jalan Letjend Soeprapto No. 19 Pontianak Kode Pos 78122
0561-734170
perpustakaan@iainptk.ac.id

Perpustakaan IAIN Pontianak di Masa Pandemi COVID-19

Perpustakaan IAIN Pontianak di Masa Pandemi COVID-19

Halo #SahabatPustakaIAIN dimanapun kalian berada. Semoga kalian selalu dlimpahkan kesehatan dan kekuatan untuk menghadapi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia saat ini. Seperti yang kita ketahui bersama, pandemi ini mengakibatkan kita harus beradaptasi dengan pola hidup baru yang dianjurkan pemerintah yaitu tetap di rumah. Jika hendak keluar rumah hendaknya menggunakan masker, cuci tangan ketika tiba di suatu tempat, menghindari kerumunan di tempat-tempat ramai, dan menjaga jarak dengan orang lain. Rektor IAIN Pontianak telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 tahun 2020 mengenai pelaksanaan kuliah secara online atau dengan pembelajaran jarak jauh dan bekerja dari rumah mulai 16 s.d 27 Maret 2020 bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, untuk mencegah penularan COVID-19 di tingkat perguruan tinggi perpustakaan menutup segala aktivitas terkait layanan yang biasanya dilayankan kepada pemustaka. Penutupan layanan ini tergantung situasi dan kondisi pandemi di Kota Pontianak.

Diskusi antar Staf Perpustakaan dengan Kepala Perpustakaan Slamet Widodo selama bekerja di rumah terus diintensifkan guna tetap melayani pemustaka IAIN Pontianak. Hasil diskusi tersebut antara lain peminjaman buku dengan pengembalian buku selama bulan Maret 2020 ditiadakan sanksinya, migrasi layanan yang sebelumnya luring atau hanya terbatas di wilayah perpustakaan saja menjadi daring dengan mengunjungi situs katalog perpustakaan online di meranti.perpus.iainptk.ac.id, layanan peminjaman, baca ditempat dan perpanjangan buku juga ditiadakan. Sedangkan layanan Bebas Pustaka dan Penyerahan Skripsi dapat menghubungi Staf TU Perpustakaan via telepon yang telah kami tempelkan pengumumannya di perpustakaan. Selain itu Perpustakaan juga telah mengumpulkan berbagai tautan e-resources untuk memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas maupun karya tulisnya.

Yuk kita berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita dapat kembali menikmati salah satu nikmat yang sedang Allah SWT ujikan kepada hamba-hambanya yang beriman yaitu nikmat sehat dan nikmat aman. Tetap dirumah ya #SahabatPustakaIAIN, hidup bersih dan makan-makanan yang bernutrisi untuk tetap menjaga kekebalan tubuh serta tak lupa pula jauhi berita-berita hoax seputar COVID-19.
 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *