Jam Operasional Perpustakaan IAIN Pontianak

Senin – Kamis : 07.30 – 16.00 ; Jumat : 07.30 – 16.30

Catatan:

Sabtu – Minggu : Libur
Bulan Ramadhan (Puasa):  08.00 – 15.00
Istirahat              :  Senin – Kamis    12.00 – 13.00,  Jumat         11.00 – 13.00

Layanan Perpustakaan IAIN Pontianak

Layanan Keanggotaan

Perpustakaan menyelenggarakan pelayanan administrasi keanggotaan. Anggota perpustakaan terdiri dari seluruh Mahasiswa IAIN Pontianak, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Tamu. Anggota perpustakaan berhak memanfaatkan semua fasilitas perpustakaan baik yang tersedia di perpustakaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anggota tamu hanya berhak membaca koleksi di ruang baca dan/atau memfotokopi bagian tertentu dari koleksi yang tersedia dengan memperhatikan ketentuan tentang hak cipta.

Layanan Sirkulasi (Peminjaman Buku)

Layanan Sirkulasi, adalah kegiatan untuk melayani pemustaka dalam pemesanan, peminjaman, dan pengembalian buku beserta penyelesaian administrasinya. Layanan sirkulasi hanya diberikan kepada sivitas akademika IAIN Pontianak yang sudah terdaftar menjadi anggota Perpustakaan IAIN Pontianak.  Ada 2 (dua) jenis peminjaman, yaitu peminjaman selama 1 (satu) minggu dan  selama 3 (tiga) hari untuk buku teks tertentu.  Layanan ini berada di Lantai 2.  Buku referensi, skripsi, tesis dan disertasi hanya bisa dibaca di ruang yang tersedia di Lantai 2.

Layanan Digital

Layanan Digital  ini bertujuan untuk membantu pemustaka yang memerlukan informasi dalam bentuk koleksi digital seperti jurnal, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, dan bahan perpustakaan lainnya. Layanan ini berada di Lantai 2. Sumber informasi digital yang disediakan adalah :

  1. Online Database : Proquest, Ebsco, Waqfeeya dan Garuda (Garda Rujukan Digital).
  2. Koleksi Skripsi, Tesis, Disertasi dan artikel ilmiah staf IAIN Pontianak dalam bentuk digital.
  3. Paket informasi Teknologi Tepat Guna dalam bentuk CD

Layanan digital juga melayani akses internet, bagi pengguna yang memerlukannya.

Layanan Referensi (Penelusuran Informasi)

Layanan Referensi, adalah kegiatan layanan dalam bentuk pemberian layanan referensi cepat dan atau bimbingan pemakaian sumber referensi. Layanan ini memberikan bantuan kepada sivitas akademika IAIN Pontianak dan masyarakat lainnya yang membutuhkan informasi bidang sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta ilmu keislaman. Pengguna jasa dapat menghubungi Seksi Pelayanan Referensi dengan cara datang langsung maupun melalui surat, whatsapp (+62 831-2607-5503), atau e-mail (perpustakaan@iainptk.ac.id).  Informasi yang diperoleh melalui layanan ini dapat dalam bentuk digital, tercetak maupun fotokopi; dan dikirim melalui jasa pengiriman atau melalui  e-mail.

Layanan Serial

Layanan serial atau layanan koleksi terbitan berseri merupakan layanan yang menyediakan koleksi berupa publikasi yang terbit secara berkala, baik jurnal ilmiah maupun majalah populer. Layanan serial menyediakan berbagai publikasi dari dalam dan luar negeri yang hanya diperkenankan untuk dibaca di tempat atau difotokopi di Perpustakaan.

Program Orientasi Perpustakaan

Layanan ini diberikan kepada mahasiswa baru IAIN Pontianak Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana, dengan tujuan mengenalkan perpustakaan A to Z.  Jadwal layanan untuk mahasiswa program sarjana dikoordinasikan dengan Biro AUAK yang merupakan rangkaian program  penerimaan mahasiswa baru IAIN Pontianak.

Pelatihan Penelusuran Informasi & Literasi Informasi

Layanan ini ditujukan bagi sivitas akademika IAIN Pontianak yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam mencari informasi (information skills), terutama mahasiswa baru dan mahasiswa tingkat akhir.  Mahasiswa yang ingin mengikuti pelatihan dapat membuat kelompok 5-10 orang dan menentukan waktu pelatihan. Selanjutnya mendaftar ke Seksi Pelayanan Referensi paling lambat 1 hari sebelum tanggal pelaksanaan pelatihan.  Lama pelatihan 60 menit/kelompok.  Waktu pelatihan tiap hari kerja (Senin-Jum’at), pukul 9.00 – 14.00.

Selain itu, disediakan layanan literasi informasi kepada sivitas akademika IAIN Pontianak dalam bentuk pelatihan komputer mengenai pencegahan plagiarisme. Pada ruangan pelayanan ini disediakan terminal PC untuk akses internet baik dengan kabel maupun menggunakan WiFi.

Pelatihan dan Magang Kerja

Pelatihan dan magang kerja diberikan kepada mahasiswa dan petugas perpustakaan yang ingin memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan perpustakaan, sistem informasi perpustakaan dan kearsipan. Permohonan untuk mengadakan pelatihan atau magang dapat disampaikan ke Perpustakaan IAIN Pontianak melalui surat atau email (perpustakaan@iainptk.ac.id)

BI Corner

Bagi sivitas akademika IAIN Pontianak dan masyarakat yang membutuhkan informasi khusus tentang bidang ekonomi dan keuangan dapat menghubungi Bagian Layanan Perpustakaan.

Pelayanan Fotokopi

Pelayanan ini disediakan di lantai 3 Perpustakaan, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna memfotokopi bahan yang tidak dipinjamkan keluar. Tidak dibenarkan untuk memfoto kopi secara utuh suatu bahan pustaka.

Dukungan Akreditasi

Perpustakaan memberikan dukungan terhadap proses akreditasi/reakreditasi Program Studi dan/atau Institusi, dan pembukaan Program Studi baru dalam bentuk dukungan kepustakaan dan pendampingan proses akreditasi oleh Pustakawan.

Pelayanan Kerja sama antar Perpustakaan

Perpustakaan dapat melakukan kerja sama dan/atau konsorsium dengan institusi lain yang sejenis mengikuti Memorandum of Understanding yang dilakukan universitas dengan mengutamakan prinsip saling menguntungkan.