You are currently viewing Perpustakaan IAIN Pontianak Adakan Workshop Bimbingan Literasi

Perpustakaan IAIN Pontianak Adakan Workshop Bimbingan Literasi

Perpustakaan adakan Workshop Bimbingan Literasi untuk mahasiswa seluruh IAIN Pontianak yang sudah diutus oleh Ketua Program studi masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal, 25 Mei 2022 di Aula masjid IAIN Pontianak. Harapan dari panitia pelaksana dapat memberikan ilmu yang berarti bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk membuat tugas akhir dengan baik dan benar yang sesuai standar karya ilmiah yang ada diperguruan tinggi, sehingga kegiatan ini sangat penting diikuti dan harapan terakhirnya semoga yang mengikuti dapat membagikan ilmunya kepada kawan-kawan yang tidak ikut supaya mendapatkan ilmu bimbingan literasi ini sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi lebih cepat dan tepat.

Menurut Dwi Cahyo Prasetyo, S.IP, M.A Pembicara pertama dalam menulis dan meneliti sesorang itu harus kreatif dan aktif melihat akan objek dan subjek dalam sebuah penelitian yang akan dilakukan. Cara mendapat data itu dengan cara baik dan buruk juga. Denagn buruk itu mengambil data atau hasil karya orang lain tidak menulis sumbernya dan dengan baik itu menulis sumber yang dikutip. Dalam penelitian itu ada 2 hal penting yaitu antara literatur dan informasi. Kalau literature itu sudah pasti informasi tetapi informasi itu belum tentu sudah jadi literature. Terakhir beliau mengungkapkan ada bebera proses dalam penyelusuran literature seperti: Menentkan topic dan konsep yang akan diteleliti, mnenentukan sumber literature dan informasi, melakukan penyelusuran literature dan terakhir mengelola hasil penyelusuran baik itu menggunakan zotero maupun mendeley.

Menurut Atiqa Latifa Hanum, S.Sos., M.A. Pembicara Kedua bahwa penelitian yang baik itu harus memiliki referensi jelas dan satandar karya ilmiah yan ada.mengutip dengan benar dan sesuai fakta.untuk menjadikan sebuah penelitian itu baik harus ada kreativiatas dalam menentukan dan menemukan akan objek yang akan diteliti. To Day’s agenda diantaranya: 1. inteoduction, 2. navigating mendeley, 3. add file from computer and entry manually, 4. combining mendeley & e-resources perpusnas. 5. searching on mendeley web, 6. citation and bibliography. mendeley reference manager memliliki tampilan yang dinamis dan cukup mudah untuk digunakan. bagian toolbar terdapat menu file, edit, tools, dan help bagian sisi kiri pada tampilan mendeley terdapat menu +add new, collections, dan group bagian sisi tengah pada tampilan mendeley terdapat rekapan koleksi referensi dengan keterangan author, year, title, source, added, dan file bagian sisi kanan pada tampilan mendeley terdapat menu search dan filters. Dikahir pembicaraanya belia menyampaikan bahwa berbuat baik dengan tulisan sendiri walaupun kecil tetapi bias berguna untuk diri kita dan orang lain, jadikan ilmu itu berguna bagi kita juga orang lain untuk saling berbagi supaya menjadi amal jariah kedepannya bagi kita.

Menurut Slamet Widodo, S.Ag, S.IP selaku Kepala Perpustakaan IAIN Pontianak menyatakan Wokshop Bimbingan literasi dan mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation dan reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian. Disamping itu pengaturan dan manajemen file hasil download sangat mudah dilakukan dengan “drag and drop”, sehingga terasa sangat user friendly.

Menurut Baharuddin, S.Sos.I, M.Si selaku ketua Panitia Pelaksana Workshop Bimbingan Literasi untuk mahasiswa seluruh IAIN Pontianak menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan atas keinginan dan harapan besar dari Institusi supaya mahasiswa yang kuliah tidak lama dalam penyelesaian tugas akhir berupa skripsi, sehingga dengan workshop bimbingan literasi ini memberikan arahan serta bimbingan kepada mahasiswa bagaiaman mengutif tulisan orang, buku, jurnal dan sejenisnya sesuai standar karya ilmiah di perguruan tinggi. Workshop Bimbingan literasi dan mendeley dan bimbinagn literasi adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah database ilmiah baik berupa skripsi, journal, e-book  dan referrensi lainnya, sekaligus membantu menemukan knowledge penelitian dan berkolaborasi secara on-line. Adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah database ilmiah baik berupa skripsi, journal, e-book  dan referrensi lainnya, sekaligus membantu menemukan knowledge penelitian dan berkolaborasi secara on-line. Fungsi akan mendeley dan literasi itu adalah untuk membuat daftar pustaka dengan gampang dalam menyusun karya tulis ilmiah. Mendeley dan bimbingan literasi memiliki fasilitas untuk saling bertukar library dengan perangkat lunak manajemen referensi lainnya, seperti EndNote dan Zotero. Karena format standar file yang digunakan masing-masing perangkat lunak berbeda, maka kita dapat mengekspor data (library) ke dalam format Extensible Markup Language (XML) atau Research Information Systems (RIS) yang lebih umum dipakai untuk pertukaran data citation

Baharuddin, S.Sos.I, M.Si

Leave a Reply