You are currently viewing Peluncuran Buku “Menjaga Bahasa Ibu, Merawat Keindonesiaan”

Peluncuran Buku “Menjaga Bahasa Ibu, Merawat Keindonesiaan”

Asosiasi Dosen Linguistik Dan Bahasa Indnesia (ADLIBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak meluncurkan buku “Menjaga Bahasa Ibu, Merawat Keindonesiaan”. Peluncuran buku ini diselenggarakan oleh ADLIBI, Indonesia Melestarikan Bahasa Ibu (ILBI) dan Perpustakaan IAIN Pontianak di Aula Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak pada Jumat, 29 Oktober 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Firdaus Achmad, M.Hum selaku Wakil Rektor 1 IAIN Pontianak, Slamet Widodo, S.Ag, S.IPI, M.Pd selaku Kepala Perpustakaan IAIN Pontianak, Dr. Yusriadi, S.Ag, MA selaku Ketua ADLIBI IAIN Pontianak dan Dedy Ari Asfar, S.Pd, MA Ketua ILBI.

Ditemui diruang kerjanya Ketua ADLIBI, Dr. Yusriadi, S.Ag, MA mengatakan buku tersebut merupakan kumpulan tulisan peserta lomba menulis esai yang masuk ke tim ADLIBI kurang lebih 500 esai. Lomba esai ini diselenggarakan ADLIBI guna memeriahkan Bulan Bahasa, Oktober 2021. Para peserta menulis esai tentang bahasa ibu dan keindonesiaan. “Melihat banyak sekali tulisan yang masuk, kami berpikir menerbitkannya menjadi buku, agar dapat dibaca dalam satu kesatuan,” katanya.

Yusriadi juga mengatakan, kegiatan ini bermula pada mata kuliah bahasa Indonesia, dalam hal ini mahasiswa didorong dan diberikan motivasi untuk belajar menulis sehingga nantinya dapat mengasah pengampuan serta keterampilan dalam menulis. Hal ini dilakukan olehnya bersama teman-teman untuk mempersiapkan mahasiswa untuk berani menulis dan selalu belajar dengan menulis. “Kita punya bekal keterampilan menulis dapat jadi tongkat kehidupan.” pungkas Dosen IAIN Pontianak tersebut.

Berdasarkan sisi kesesuaian dengan tema lomba, orisinalitas karya dan penilaian dari panitia pelaksana, peserta yang menjadi juara lomba tersebut sebagai berikut: Juara 1 atas nama Syaifah Jazirah Aulia Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi PIAUD kelas 1A, Juara 2 atas nama Utin Wanda Sari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi PGMI Kelas 2 B dan Juara 3 atas nama Juliana Lestari Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Program Studi Psikologi Islam Kelas 1A.

Dalam sambutannya Dr. Firdaus Achmad, M.Hum selaku Wakil Rektor 1 IAIN Pontianak mengatakan kesederhanaan dalam kehidupan harus ditumbuhkembangkan seperti yang ada di IAIN Pontianak seperti pada dua orang yang hadir saat ini yaitu Slamet Widodo, S.Ag, S.IPI, M.Pd dan Dr. Yusriadi, S.Ag, MA. Beliau mengapresiasi kegiatan seperti ini dan mengaku bangga serta merasa terharu, karena kegiatan ini bisa mencetak benih-benih awal para penulis hebat kedepannya. Dilanjutkan beliau bahwa kedepannya bukan cuma bahasa Indonesia yang membuat asosiasi tetapi rumpun keilmuan lain juga harus bisa buatnya.

Beliau juga menyebutkan bahwa penggunaan bahasa ibu merupakan hal yang mulia dan menciptakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kita. Dalam Sumpah Pemuda yang bertepatan dengan kegiatan ini, dijelaskan bahwa bahasa Indonesia harus dijunjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa. Beliau juga berharap secara pribadi dan jabatannya, Klub Menulis IAIN Pontianak harus dihidupkan kembali dalam upaya melahirkan para kader yang memiliki karya kedepannya, sehingga kegiatan tulis menulis berjalan dengan baik di IAIN Pontianak. Dr. Yusridi dan kawan-kawan sudah membentuk  Asosiasi Dosen Linguistik Dan Bahasa Indonesia (ADLIBI) IAIN Pontianak pada kesempatan ini, dan diharapkan kepada ibu Dr. Hesti Nurhami, S.Pd, M.Pd untuk segera membentuk asosiasi Bimbingan Konseling (BK). Diakhir sambutan beliau, kegiatan ini merupakan obat dan hadiah terindah bagi dirinya disela kesibukan yang luar biasa akhir-akhir ini.

 

Slamet Widodo, S.Ag, S.IPI, M.Pd selaku Kepala Perpustakaan IAIN Pontianak dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba, semoga kedepannya kegiatan ini terus ditingkatkan untuk menumbuhkan kemampuan serta bakat penulis dari seluruh mahasiswa IAIN Pontianak kedepannya. Klub Menulis IAIN Pontianak sudah melahirkan banyak sekali karya yang saat ini sudah bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Dilanjutkan oleh beliau bahwa perpustakaan siap mempublikasikan karya-karya dari Klub Menulis IAIN Pontianak baik secara daring dan luring kepada Pemustaka IAIN Pontianak. Diakhir sambutan beliau menyampaikan terkait hasil lomba yang diterbitkan sebagai buku tersebut, bahwa buku ini merupakan hasil yang sangat baik sehingga kedepannya dapat meningkatkan pendidikan dan pembelajaran dalam hal karya tulis agar melahirkan kader-kader penulis hebat kedepannya. Hal ini bisa memberikan motivasi bagi banyak mahasiswa untuk melakukan hal serupa pungkas Pustakawan Madya IAIN Pontianak tersebut.

Selanjutnya sambutan dari Dedy Ari Asfar, S.Pd, MA selaku Ketua ILBI menyampaikan bahwa setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya akan diadakan lomba tulis menulis yang berkaitan dengan bahasa ibu yang juga disebutkan oleh beliau bulan bahasa. Hal tersebut memperjelas akan ikrar pemuda-pemudi Bangsa Indonesia pada tahun 1928. Dilanjutkan oleh beliau, bahwa esai merupakan awal mula bagi mahasiswa untuk menulis yang selanjutnya dapat dikembangkan dalam karya-karya lebih besar lagi di masa yang akan datang. Di akhir sambutannya beliau mengatakan bahwa gerakan menulis bahasa daerah merupakan upaya untuk melestarikan bahasa ibu. Melestarikan bahasa daerah itu sangat baik yang dapat menjadikan bahasa itu bermartabat. Dalam melahirkan karya tulis ini juga merupakan ladang amal dan akan ditulis Allah SWT sebagai pahala disisi-Nya.

Editor: Zulmi

Leave a Reply