Jalan Letjend Soeprapto No. 19 Pontianak Kode Pos 78122
0561-734170
perpustakaan@iainptk.ac.id

Bimbingan Teknis Penulisan Newsletter Perpustakaan Digelar Perdana Oleh Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak

Bimbingan Teknis Penulisan Newsletter Perpustakaan Digelar Perdana Oleh Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak


PONTIANAK- Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Newsletter Perpustakaan yang pertama kali diselenggarakan pada tanggal 27 Mei 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 35 peserta yang berasal dari Mahasiswa IAIN Pontianak termasuk anggota dari Klub Menulis IAIN Pontianak, Universitas Terbuka Prodi S1 Perpustakaan, FKIP Untan /D3 Perpustakaan, dan Fisip Untan/(Ilmu Perpustakaan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi) serta pejabat yang hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Pengembangan Lembaga (APL) Firdaus Achmad mewakili Rektor IAIN Pontianak. Tak lupa pula narasumber-narasumber yang berkompeten hadir demi menyukseskan kegiatan ini diantaranya Editor-in-chief teraju.id Nur Iskandar, penulis dari Pontianak Post Marsita Riandini, fotografer IAIN Pontianak Fachmi Ichwan serta staf Enggang Media Farli.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Borneo ini dibuka dengan acara seremonial oleh Wakil Rektor Bidang APL Firdaus Achmad yang juga memberikan kata sambutan. Kemudian diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber-narasumber berkompeten seperti Nur Iskandar memotivasi para peserta dalam pembuatan newsletter serta bagaimana bentuk newsletter beserta desain-desain yang telah ada. Dilanjutkan oleh Marsita Riandini yang memaparkan cara penulisan berita dan simulasi rapat redaksi newsletter. Selepas istirahat, kegiatan dilanjutkan oleh Fachmi Ichwan yang membahas tentang tips dan trik mengambil foto untuk keperluan berita dan diakhiri oleh bimbingan pembuatan layout newsletter menggunakan Adobe Indesign oleh Farli.

Akhir kegiatan ini diharapkan para peserta dapat membuat newsletter perdana tentang perpustakaannya masing-masing serta diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta literasi. Kegiatan ini ditutup dengan penutup dari Kepala Perpustakaan IAIN Pontianak Slamet Widodo dan penyerahan secara simbolis sertifikat kepada narasumber dan peserta. Buka puasa bersama antara peserta, panitia dan narasumber dalam rangka meningkatkan silaturahmi dalam bulan Ramadhan.

 

Penulis: Fauziah Mian

Editor: Zulmi Kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *