Jalan Letjend Soeprapto No. 19 Pontianak Kode Pos 78122
0561-734170
perpustakaan@iainptk.ac.id

Kilas Balik Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak 2020

Kilas Balik Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak 2020

Assalamualaikaum warahmatullah wabarakatuh

Memasuki tahun ke tiga menyandang predikat terakreditasi oleh Perpustakaan Nasional RI tepatnya 3 Desember 2017 tanpa terasa Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak akan kembali dihadapkan akreditasi lanjutan guna mempertahankan predikat tersebut. Geliat kegiatan semakin deras terlihat sebagai wujud komitmen semua ASN yang ada di perpustakaan  dalam mempersiapkan pelaksanaan akreditasi yang akan dihadapi. Kesibukan dalam memburu dokumen lebih gencar dilakukan guna melengkapi bukti-bukti pendukung yang dibutuhkan.

“Mempertahankan jauh lebih sulit dari pada meraih”, begitulah ucapan dari orang-orang berprestasi selama ini. Tersirat tanggung jawab yang harus dilakoni oleh semua komponen pendukung dan mengupayakan terobosan-terobosan yang mampu menjadi icon penting agar perpustakaan ini lebih populer sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak kembali mulai berbenah untuk mempersiapkan reakreditasi  guna mempertahankan dan dan meningkatkan prestasi yang lebih baik.

Di bawah pembina akademik Bapak Dr.Firdaus Achmad, M.Hum, para ASN selain melaksanakan aktivitas rutin sesuai tugas dan fungsi masing-masing, tetapi juga menyelaraskan tugas dan fungsi tersebut dengan borang perpustakaan dengan melakukan telaah dan analsis Peraturan  Perpustakaan Nasional Nomor 10 tahun 2018 Tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Instrumen terbaru yang berbasis bukti fisik ini, harus mudah diakses secara langsung sehingga dibutuhkan sistem informasi yang sangat memadai untuk meng-upload setiap kegiatan yang telah dilakukan. Sejak bulan April 2018 Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak telah memiliki website yang selalu aktif meng-update sistem untuk mencapai pembaharuan sistem yang optimal.

Kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan oleh ASN perpustakaan selain menggapai akreditasi secara masimal, juga sebagai upaya mewujudkan dan mendukung 9 (sembilan) Pilar yang diprakarsai Rektor Dr.H.Syarif, S.Ag,MA. Beliau juga sangat mendukung dan merespon program perpustakaan dalam mewujudkan sistem layanan terbaik berbasis digitalisasi.

Semoga Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak mampu menjadi pusat informasi yang terdepan, teraktual, dan terpercaya dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, Aamiin (fauziahmian@gmail.com)

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

 

Editor: Zulmi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *