You are currently viewing Cara Instalasi Mendeley

Cara Instalasi Mendeley

Sebelum mengenal Mendeley, kita harus pahami bersama makna dari kegiatan mengutip. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengutip berarti mengambil perkataan atau kalimat dari buku dan sebagainya; memetik karangan dan sebagainya; menukil. Sebagian besar pengakses internet ataupun mahasiswa melakukan kegiatan mengutip tanpa menyertakan sumber secara tepat baik sengaja maupun tidak. Kegiatan pengutipan tanpa menyertakan sumber yang tepat dan memadai dapat dikategorikan sebagai tindakan plagiarism. Hal ini didasarkan pada Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 7142 Tahun 2017 tentang Pencegahan Plagiarism di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Untuk mengatasi permasalahan plagiarism tersebut terutama pada karya ilmiah maka digunakan aplikasi buatan Elsevier yang bernama Mendeley. Mendeley merupakan aplikasi manajemen referensi dan pembuatan daftar pustaka berdasarkan pengutipan yang kita lakukan. Untuk dapat menggunakan aplikasi Mendeley ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu pada situs Mendeley. Berikut ini langkah-langkah pendaftaran hingga instalasi Mendeley.

Langkah 1

Masuk ke website Mendeley untuk mendaftar dengan klik Create Account

 

Langkah 2

Masukkan email aktif yang kamu miliki lalu klik Continue

Langkah 3

Masukkan Given Name dengan nama depan kamu, lalu Family Name dengan nama belakang kamu. Isi sandi yang kamu inginkan. Kemudian klik Register.

Langkah 4

Kamu sudah teregistrasi pada situs Mendeley. Untuk melanjutkan tahap selanjutnya klik Continue to Mendeley

 

Langkah 5

Pada bagian ini kamu dapat melengkapi profil kamu pada situs mendeley atau dapat melewati tahap kelengkapan profil kamu dengan klik Skip this step

Langkah 6

Kamu akan diarahkan ke laman seperti berikut. Untuk kamu ketahui, aplikasi Mendeley ini tersedia untuk Desktop(komputer/laptop) dan untuk gawai (smartphone atau tablet) tersedia langsung di App Store untuk sistem operasi iOS dan Google Play untuk sistem operasi Android. Dalam praktek kali ini instalasi Mendeley hanya versi desktop, klik Download Desktop App untuk mengunduh Mendeley.

 

 

Langkah 7

Klik Download Mendeley Desktop for Windows, lalu aplikasi Mendeley secara otomatis terunduh.

Langkah 8

Jalankan aplikasi Mendeley yang telah terunduh, lalu akan muncul jendela instalasi Mendeley seperti berikut: Klik Next untuk melanjutkan instalasi

Langkah 9

Pada jendela instalasi Mendeley selanjutnya setujui lisensi penggunaan Mendeley dengan klik I Agree

Langkah 10

Pada jendela instalasi Mendeley selanjutnya klik Next untuk lokasi instalasi Mendeley

Langkah 11

Pada jendela instalasi Mendeley berikut langsung saja klik Instal

Langkah 12

Tunggu hingga instalasi selesai.

Langkah 13

Jalankan Mendeley dengan mencentang Run Mendeley Desktop dengan klik Finish

Langkah 14

Masukkan email dan sandi yang kamu gunakan pada saat pendaftaran di situs Mendeley. Perlu koneksi internet untuk masuk ke aplikasi Mendeley

Langkah 14

Jika berhasil masuk pada laman seperti berikut, maka kamu sudah dapat menggunakan aplikasi Mendeley. Pada bagian Citation Plugin for Microsoft Word klik tombol Instal now. Setelah itu klik Close.

Langkah 15

Jika kamu melewati Langkah 14 untuk instalasi plugin Mendeley di Microsoft Office Word, maka kamu dapat menginstalnya dengan klik tombol Tools pilih Instal MS Word Plugins.

Aplikasi Mendeley yang tersedia di App Store dan Google Play memiliki kemampuan 50% dari aplikasi Mendeley Desktop. Kemampuan aplikasi Mendeley di Gawai tersebut meliputi buka berkas berformat .pdf dan memperbaiki data bibliografi berkas tersebut. Sedangkan pada Mendeley Desktop selain membuka dan memperbaiki bibliografi berkas yang ingin dikutip dapat juga digunakan sebagai plugin yang memudahkan dalam pembuatan daftar pustaka di Microsoft Office Word. Untuk penjelasan penggunaan plugin Mendeley di Microsoft Office Word akan dibahas pada postingan selanjutnya ya.

Terima kasih atas kunjungan kamu. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan ataupun saran tentang cara instalasi Mendeley, kamu dapat menyampaikannya di Form Kontak kami.

 

Penulis: Fauziah Mian

Penyunting: Zulmi Kurniawan

Leave a Reply